Kamis, 29 Desember 2016

MANFAATKAN APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA

Perangkat Desa dari Tiga Nagari di Sumpur Kudus dapat Pelatihan Aplikasi Sistem Keuangan Desa

Fitra Kasma Putra, M.Kom., sedang memberi materi pelatihan. (Foto oleh: Fauziah LPPM)


LPPM, Batusangkar - Sebanyak 20 orang perangkat nagari dari 3 Nagari di Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, ikuti pelatihan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Istilah nama desa adalah sama dengan nagari di Sumatera Barat. Ketiga Nagari tersebut adalah Nagari Kumanis, Tanjung Bonai Aur dan Tanjung Bonai Aur Selatan. Pelatihan diikuti sekretaris atau bendahara desa dan beberapa orang staf lainnya, di Labor Komputer Kampus IAIN Batusangkar, Sabtu-Minggu (24-25/12/2016).
Kegiatan yang diikuti tiga nagari ini berlangsung dua hari. Untuk hari pertama, perangkat dari Nagari Kumanis dan hari kedua perangkat dari Nagari Tanjung Bonai Aur. Sementara dari Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan direncanakan terlaksana pada hari Sabtu, tanggal 31 Desember 2016.
Pelatihan Siskeudes bagi perangkat nagari, bertujuan agar perangkat desa di tiga nagari tersebut mampu mengelola penatausahaan keuangan desa menggunakan aplikasi sistem keuangan desa. Aplikasi Sistem Keuangan Desa dirancang Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang merupakan aplikasi resmi pemerintah pusat. Siskeudes memudahkan desa menyusun perencanaan kegiatan dan anggaran seperti RPJM Nagari dan APBNag. Selain itu bisa menyusun laporan keuangan dan aset yang sudah sesuai ketentuan.

Kegiatan pelatihan aplikasi Siskeudes ini narasumbernya adalah Bapak Fitra Kasma Putra, M.Kom., dosen di IAIN Batusangkar dan dibantu dua orang asisten labor. Selain itu, peserta pelatihan juga dibekali peningkatan kemampuan mengoperasikan Microsoft Office. (hru)
Share: