DORONG TERBITKAN BUKU BERKUALITAS, LPPM IAIN BATUSANGKAR ADAKAN WORKSHOP


BATUSANGKAR - LPPM IAIN Batusangkar adakan “Workshop Penulisan Buku Teks dan Buku Daras”. Dua puluh enam orang penulis hadir pada acara yang diselenggarakan selama dua hari, tanggal 6-7 Desember 2017 di Ruang Pertemuan Dosen. Semua peserta yang hadir sebelumnya telah menyerahkan persyaratan buku berupa draft naskah untuk diseleksi, guna diterbitkan pada tahun 2018 nanti. Hadir dalam kegiatan ini sebagai narasumber, Prof. Dr. H. Ade Hikmat, M.Pd., dari UHAMKA Jakarta dan Dr. Zaiyardam Zubir, M.Hum., dari Unand Padang. Keduanya aktif menulis dan telah banyak menerbitkan buku.
Kegiatan ini diusung sebagai wujud konsistensi IAIN Batusangkar dalam memacu kesadaran akademis dosen untuk aktif menulis. Pada kesempatan itu, Dra. Desmita, M.Si., selaku Wakil Rektor I dalam sambutannya mengatakan bahwa dosen harus kreatif, inovatif dan produktif. Salah satu kreatifitas itu ditandai dengan ada atau tidaknya karya tulis, baik buku maupun artikel yang diterbitkan dalam kurun waktu tertentu. Desmita menambahkan, “buku juga merupakan salah satu prasyarat untuk kenaikan pangkat dosen. Jika dosen ingin cepat naik pangkat, maka banyak-banyaklah menulis dan mempublikasikan tulisan”. 
Salah satu peserta pada workshop ini Nurhikma, M.Sy., mengaku merasa lebih termotivasi untuk menulis. Workshop ini membantunya mengetahui kelebihan dan kekurangan draft yang diajukan untuk diterbitkan. Ia bertekad untuk terus belajar dan memperbaiki diri agar bisa menerbitkan buku-buku yang berkualitas dan bisa dibaca oleh banyak orang. Apalagi untuk dirinya yang masih asisten ahli, tentu buku-buku yang ia tulis akan sangat bermanfaat. Di samping sebagai buku ajar bagi mahasiswa juga bisa digunakan dalam pengurusan kepangkatan dosen.
Ketua LPPM, Yusrizal Efendi, S.Ag., M.Ag., mengharapkan semangat dosen untuk produktif dalam menulis, seperti artikel atau buku. Semangat untuk terus belajar dan mengembangkan diri agar mampu menghasilkan buku-buku yang berkualitas secara nasional. (FN)