Selasa, 20 Februari 2018

LPPM IAIN BATUSANGKAR DAN LPPM STIE SYARI’AH BENGKALIS TANDATANGANI NOTA KESEPAHAMAN



LPPM IAIN Batusangkar dan LPPM STIE Syari’ah Bengkalis Riau tanda tangani Memorandum Of Understanding (MoU), pada tanggal 15 Februari 2018. Nota kesepahaman dan kerjasama yang disepakati di STIE Syari’ah Bengkalis itu terkait dengan Pengembangan Program Pengabdian kepada Masyarakat itu melingkupi kerjasama Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nasional.
Ketua STIE Syari’ah Bengkalis, Khodijah Ishak, S.H.I, M.E.Sy turut hadir dalam kegiatan ini bersama Wakil Ketua II, Wakil Ketua III, Dosen dan Mahasiswa  STIE Syari’ah Bengkalis. Khodijah yang merupakan alumni STAIN Batusangkar (sekarang: IAIN Batusangkar) menyatakan dalam sambutannya bahwa STIE Syari’ah Bengkalis mengucapkan rasa terima kasih karena sudah dipercaya oleh IAIN Batusangkar sebagai mitra KKN Nasional. Berkat kesepahaman ini, STIE Syari’ah Bengkalis akan menggelar KKN Nasional untuk pertama kalinya. Beliau menginformasikan bahwa kegiatan KKN sebelumnya sempat “mati suri”, namun kembali dihidupkan pada tahun 2017. Dan pada tahun 2018 ini, ruang lingkup pelaksanaan KKN STIE Syari’ah Bengkalis kian luas dengan adanya MoU ini. Pada akhir sambutannya, Khodijah berharap agar kerja sama antara IAIN Batusangkar dan STIE Syari’ah Bengkalis terus terjalin dan terjaga demi terciptanya kemajuan akademis bagi kedua belah pihak.
Menyahuti harapan Ketua STIE Syari’ah Bengkalis, Yusrizal Efendi, S.Ag., M.Ag, selaku Ketua LPPM yang sekaligus mewakili Rektor IAIN Batusangkar, menyampaikan dalam sambutannya bahwa pada Tahun 2018, IAIN Batusangkar direncanakan akan melaksanakan KKN Nasional dengan tiga Perguruan Tinggi, yaitu UIR Pekanbaru, IAIN Padang Sidempuan dan STIE Syari’ah Bengkalis., Hal ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan  KKN Nasional yang sebelumnya telah dilaksanakan pada Tahun 2017. Pada tahun 2018 ini, direncanakan sebanyak 10 orang dari mahasiswa UIR Pekanbaru dan IAIN Padang Sidempuan serta 6 orang dari mahasiswa STIE Syari’ah Bengkalis akan ikut ber-KKN bersama-sama dengan mahasiwa IAIN Batusangkar. Begitu juga sebaliknya, direncanakan mahasiswa IAIN Batusangkar akan ber-KKN dengan mahasiwa UIR Pekanbaru sebanyak 10 orang, dengan mahasiswa IAIN Padang Sidempuan sebanyak 10 orang dan dengan STIE Syari’ah Bengkalis sebanyak 6 orang.
Lebih lanjut, Yusrizal berharap kerja sama dengan STIE Syari’ah Bengkalis, selain dapat menjalin kerjasama dalam bentuk KKN Nasional, juga diharapkan dapat mempererat Ukhuwah Islamiyah kedua belah pihak. Ia memaparkan banyak kemungkinan kerjasama yang dapat dijajaki oleh IAIN Batusangkar dan STIE Syari’ah Bengkalis. Kerjasama-kerjasama yang dimaksud hadir dalam Pengabdian Masyarakat Dosen, Penelitian Dosen atau bahkan “jika memungkinkan” berkolaborasi anggaran dalam melaksanakan kegiatan Kerjasama Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Dosen dengan STIE Syari’ah Bengkalis. Kesemuanya itu diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan masing-masing perguruan tinggi. (YR/FN)
Share: