Selasa, 08 Mei 2018


TIM PEMBERDAYA PARENTING IAIN BATUSANGKAR GELAR LAYING FOUNDATION TK PEMBINA NAGARI KUMANIS, KECAMATAN SUMPUR KUDUS, KABUPATEN SIJUNJUNG


Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang bernaung di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IAIN Batusangkar mendapat surat permohonan Pendampingan Pelaksanaan Program Parenting dari TK Pembina Nagari Kumanis, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung. Menindaklanjuti surat tersebut, Tim Pemberdaya dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, khususnya jurusan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menggelar Laying Foundation yang dilaksanakan pada hari Kamis, 5 April 2018 dan Sabtu, 21 April 2018 bertempat di Kantor Wali Nagari Kumanis.
Pada acara yang dihadiri oleh Kepala Sekolah, Guru-Guru, Komite, Perwakilan Wali Murid, Perangkat Nagari dan Tim Pemberdaya IAIN Batusangkar, terungkap bahwa selama ini partisipasi orang tua dalam aktivitas sekolah tergolong baik. Hal ini menjadi kekuatan yang mendukung proses pemberdayaan. Namun kendala yang terpetakan cukup beragam, mulai dari variasi domisili orang tua yang tidak hanya berasal dari Nagari Kumanis saja. Ditambah lagi, faktor ekonomi orang tua yang kebanyakan berasal dari kelas menengah ke bawah ditenggarai bisa menghambat aktivitas pemberdayaan. Kendala-kendala ini menjadi lampu merah yang akan dicarikan alternatif solusi agar tidak menghambat aktivitas pemberdayaan.
Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan bahwa kegiatan “Pendampingan Pelaksanaan Program Parenting di TK Pembina Nagari Kumanis” akan dilaksanakan pada tahun ajaran 2018/2019. Bentuk kegiatan yang akan dilakukan meliputi kelas orang tua, hari konsultasi, seminar/ penyuluhan dan pelibatan orang tua dalam pengambilan kebijakan sekolah. Kegiatan tersebut diprioritaskan pada usaha menumbuhkembangkan wawasan, sikap dan keterampilan orang tua yang berkearifan lokal untuk mendidik anak di era yang semakin maju (FN)

Share: