Kamis, 10 Maret 2022

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) KEGIATAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DOSEN IAIN BATUSANGKAR DI NAGARI DAMPINGAN KUMANIS KABUPATEN SIJUNJUNG

 Batusangkar, 10/03/2022. LP2M IAIN Batusangkar melakukan kunjungan ke Nagari Kumanis Kabupaten sijunjung, dalam kunjungan ini hadir  Sekretaris LP2M IAIN Batusangkar bersama jajaran dimana tujuan dari kunjungan ini yakni melaksanakan FGD dengan pihak Nagari Kumanis yang terdiri dari Wali Nagari beserta Perangkat Nagari dan stakeholder yang berkesinambungan dengan kegiatan PkM seperti pihak KAN, BumNag, Bundo Kandung, dan  PAUD.


  Pada kegiatan FGD dibahas beberapa kegiatan pendampingan Nagari Kumanis yang akan  dilakukan tahun 2022, diantaranya:

1.    1.  Wirid Nagari

2.    2.   Pelatihan Adat untuk pemangku adat dan bundo kanudung

3.    3.  Pelatihan Pembuatan Biogas

4.    4.  Pelatihan Aplikasi excel

5.    5.  Parenting

6.    6.  Penyuluhan gender

7.    7.  Pendampingan Pengelolaan keuangan BumDes Batu Jonggi

Tim LP2M menjaring informasi dari pihak terkait pada nagari untuk memperoleh masukan apa saja yang mereka butuhkan, sehingga nanti kegiatan PkM yang akan dilaksanakan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh nagari.

P   Pada kegiatan ini juga dilakukan FGD mengenai kegiatan Riset Nagari Dampingan. Kegiatan Riset nagari dampingan ini bertujuan: Memberikan makna, eksplorasi, ekplanasi dan pemaknaan ulang berbagai fenomena/ konstruksi sosial dan kebudayaan yang terkait dengan pembangunan bidang agama yang soleh dan moderat melalui karya ilmiah yang berbasis pada pengabdian kepada masyarakat, serta memberikan alternatif solusi melalui penelitian yang berbasis pada pengabdian kepada masyarakat terhadap peningkatan mutu layanan, peningkatan taraf hidup masyarakat nagari dampingan dan good and clean governance alam sektor pendidikan dan kelembagaan Islam. (VN,RM)

 

Share: