LP2M IAIN BATUSANGKAR TANDA TANGANI NASKAH KERJASAMA (MoA) LP2M dan LP3M UIN, IAIN dan STAIN SE-SUMATERA

Ketua LP2M IAIN Batusangkar Tandatangani Naskah Kerja Sama (MoA) LP2M dan LP3M UIN, IAIN dan STAIN Se-SUMATERA
Bertempat di Grand Central Hotel Pekanbaru, Ketua LP2M IAIN Batusangkar, Dr. H. Muhammad Fazis, M. Pd menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan para Ketua LP2M/P3M UIN, IAIN dan STAIN Se-Sumatera pada Acara Rapat Koordinasi Forum LP2M dan P3M PTKIN wilayah Sumatera. Dalam Memorandum of Agreement (MoA) tersebut tertuang Naskah Kerja Sama di Bidang Akademik, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Rapat koordinasi dilaksanakan pada Rabu dan Kamis tanggal 31 Maret dan 01 April 2021, dihadiri oleh   perwakilan UIN, IAIN dan STAIN di Wilayah Sumatera. Dalam sambutannya Plt. Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Suyitno, M, Ag yang hadir secara online menyatakan menyambut baik diadakannya Rakor LP2M/P3M UIN, IAIN dan STAIN Se-Sumatera. Plt. Rektor berharap kepada para Ketua LP2M/P3M agar dapat melakukan peran strategis pada Program Pengabdian kepada Masyarakat Kolaboratif PTKIN Se-Sumatera terutama dalam masa Pandemi Covid ini. PKM diharapkan benar-benar dirasakan kehadirannya di masyarakat dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Program strategis tersebut diharapkan dapat diformulasikan pada pertemuan ini.
Dalam penyampaian materinya, Dr. Suwendi, M. Ag., Analis Kebijakan Ahli Madya pada Subdirektorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama tentang kebijakan Pengabdian kepada Masyarakat Moderasi Beragama, berpesan untuk melaksanakan KKN Moderasi Beragama pada Program KKN PTKIN Tahun 2021. Moderasi Beragama melalui KKN dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan di masa Pandemi Covid-19. Kemudian mendorong Dosen untuk melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Metodologi CBR, PAR, ABCD dan SL. Selanjutnya membekali mahasiswa dengan Metodologi Mata Kuliah Pengabdian Kepada Masyarakat melalui pendampingan. Diharapkan nanti akan ada Mata Kuliah Metodologi Pengabdian Masyarakat untuk mahasiswa.
Selanjutnya pembahasan Pelaksanaan KKN Tematik Melayu Serumpun PTKIN Se-Sumatera, Malaysia, Brunai Darussalam dan Singapura Tahun 2021, dimulai dengan penyampaian Rencana Teknis Pelaksanaan yang disampaikan oleh Tim UIN Imam Bonjol Padang yang direncanakan akan menjadi Tuan Rumah. Setelah penyampaian Rencana Progam Kerja, dilanjutkan dengan diskusi, berupa penyampaian pandangan, pendapat, pertanyaan dan evaluasi dari PTKIN terkait pelaksanaan KKN Tematik Melayu Serumpun PTKIN Se-Sumatera, Malaysia Brunai Darussalan dan Singapura Tahun 2021. Selain membahas KKN Tematik Melayu Serumpun, juga dibahas isu-isu strategis terkait Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen serta Program Kerja ke depan LP2M/P3M yang tertuang dalam Naskah Kerja Sama.
Pada kesempatan ini juga dilakukan pemilihan Ketua Koordinator Forum LP2M/P3M UIN, IAIN dan STAIN Se-Sumatera. Forum sepakat untuk mengangkat Prof. Dr. Paisol Burlian, M. Hum Ketua LP2M UIN Raden Fatah Palembang sebagai ketua Forum LP2M/P3M UIN, IAIN dan STAIN Se-Sumatera menggantikan Dr. Hj. Ulfatmi, M. Ag Ketua LP2M UIN Imam Bonjol Padang yang sudah berakhir masa jabatannya.  Pada kesempatan ini Prof. Dr. Paisol Burlian, M. Hum sebagai Ketua Koordinator terpilih menyampaikan Program Kerja Forum selanjutnya. Salah satu agenda yang diabahas adalah rencana Rapat Koordinasi kedepan. Pada kesempatan ini Forum LP2M/P3M sepakat meminta IAIN Bangka Belitung untuk menjadi tuan rumah Rapat Koodinasi selanjutnya, yang kegiatannya direncanakan pada bulan Juli 2021.  Kegiatan Rakor ini diikuti oleh 18 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di wilayah Sumatera, yang terdiri dari 5 UIN, 9 IAIN dan 4 STAIN dari 22 PTKIN yang diharapkan dapat hadir. YR/MF
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Follow by Email

Labels

Total Pageviews

Recent Posts

Label Cloud