WORKSHOP PENULISAN ARTIKEL BERBASIS GENDER UNTUK JURNAL BEREPUTASI

Batusangkar, 06/04/2021. Pusat Studi Gender dan Anak LP2M IAIN Batusangkar menggelar Workshop Penulisan Artikel berbasis Gender untuk Jurnal Bereputasi. Kegiatan  ini di dasari  keterbatasan baik segi kuantitas maupun kualitas artikel berbasis gender pada Jurnal Agenda di IAIN Batusangkar, hal  ini disebabkan kurangnya pemahaman penulis terhadap perspektif Gender.  Acara ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Irwan Abdullah dan Prof. Dr. Wening Udasmoro yang sama-sama berasal dari Universitas Gadjah Mada dan merupakan penulis yang aktif menulis dibidang gender dan anak. Acara yang dihadiri ratusan peserta ini di buka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Ridwal Trisoni., S.Ag., M. Pd dan mendapat dukungan penuh dari Rektor IAIN Batusangkar.
Kegiatan ini dibanjiri peminat dan pertanyaan dari para partisipan salah satunya pada bidang pengabdian kepada masyarakat yang  berbasis gender. Menurut Irwan, sebagai wujud dari support system sebaiknya pengabdian masyarakat harus terintegrasi dalam komunitas, harus ada lokal point ‘perempuan’ yang menjamin hak-hak perempuan dalam suatu daerah yang berpihak kepada perempuan dan anak. Masyarakat harus tau resiko-resiko yang terjadi dalam usia pernikahan dini dari laki-laki, contoh penelantaran terhadap istri dan tidak menafkahi. Pihak Kampus bisa memberdayakan dengan membackup perempuan /anak di suatu Nagari sehingga bisa menjadikan mahasiswa yang KKN menjadi sosok yang bisa dicontoh dan bisa mengubah mindset dan bisa menjamin hak- hak perempuan dan anak di daerah.  Output dari kegiatan ini tidak hanya laporan, namun juga dapat dituangkan ke dalam artikel yang bisa di muat ke berbagai jurnal yang bereputasi. Selain itu, trik yang bisa digunakan untuk menembus jurnal bereputasi adalah membuat tulisan yang di tulis oleh banyak orang, sehingga ada banyak argumen dalam tulisan tersebut dengan literatur review diambil dari google scholar dan jurnal. Data wawancara dimasukkan dengan cara di kutip, bahasa dalam tulisan di muat dengan bahasa yang mudah dan jelas di pahami dengan tujuan supaya ide yang disampaikan tercapai, bahasa tulisan khusus bahasa indonesia yang baik dan benar  sebelum di serahkan ke penerjemah. Sedangkan menurut Wening, Dinamika perspektif gender ini berkaitan dengan dinamika arus pemikiran sosial dan humaniora secara umum, jadi tulisan berbasis gender Ini dipraktikkan di berbagai studi yakni : sosiologi, antropologi, psikologi, politik, kajian konflik, ekofeminisme.
Disamping itu wening juga menjelaskan metode yang bisa digunakan untuk penelitian berbasis gender, namun sebelum metode digunakan hendaknya penulis melihat terlebih dahulu apa yang menjadi konfilk di masyarakat, apakah benar perempuan atau kah laki-laki, karena tidak semua tulisan berbasis gender ini muatannya hanya perempuan, subjektifitas juga di perlukan sebagai pemosisian kepada kaum yang termarjinal, karena kaum yang termajinal tidak memiliki sosial kapital dalam mempertahanankan pendapat.
Hasil kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan artikel yang mengutamakan analisis gender dan metodologi feminisme dengan irisan kajian lain seperti Isu-isu marjinal, Perdagangan manusia, LGBT, Kekerasan Seksual, dan Pernikahan Dini. Ada banyak jurnal yang terindeks scopus Q4  yang bisa submit oleh penulis diantaranya Masculinities and Social Change, Cahlers du Genre, Journal of Women, Politics and Policy, ujar Irwan. (RM)
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Follow by Email

Labels

Total Pageviews

Recent Posts

Label Cloud